Pages Navigation Menu

Ketentuan Umum dan Persyaratan SNMPTN

Ketentuan Umum

  1. Siswa Warga Negara Indonesia, Warga Negara Indonesia keturunan asing, atau warga negara asing yang dikukuhkan dengan surat bukti kewarganegaraan dan izin pendidikan dari yang berwenang.
  2. Berstatus sebagai siswa SMA, MA dan SMK yang berada di wilayah Propinsi Riau. Khusus untuk Fakultas Perikanan Kelautan selain dari Propinsi Riau, dapat pula berasal dari propinsi Kepulauan Riau dan propinsi lain di wilayah Sumatera.
  3. Saat pendaftaran yang bersangkutan terdaftar sebagai siswa kelas XII tahun pelajaran 2018 dengan prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 30% terbaik di kelasnya secara konsisten yang dinyatakan dengan surat rekomendasi dari Kepala sekolah serta tidak pernah tinggal kelas.
  4. Siswa yang mengikuti seleksi harus terdaftar pada data yang diinput oleh sekolah dan harus mendaftar sebagai pendaftar jalur mandiri (PBUD dan PBM) pada tahun pelaksanaannya.
  5. Proses pengolahan dan penyeleksian data dilakukan dengan sistem komputer. Untuk itu peserta harus mengkaji dan menyimak semua petunjuk dengan teliti sebelum mengisi data yang dilaksanakan secara on line di Internet
  6. Pendaftar yang lolos tahap seleksi dianggap memenuhi syarat untuk diterima sebagai calon mahasiswa di Universitas Riau, untuk selanjutnya akandilakukan proses verifikasi untuk memastikan kesesuaian dan validitas data dan/atau portofolio yang tersimpan dalam data sekolah dan siswa.

Ketentuan Khusus

  1. Seleksi dilakukan berdasarkan standar kelayakan yaitu kelengkapan data sekolah dan siswa.
  2. Tahap selanjutnyaseleksi akan dilakukan berdasarkan kualitas siswa meliputi nilai rapor, nilai SBMPTN, kualitas sekolah meliputinilai akreditasi sekolah dan ratio SNMPTN sekolah.
  3. Khusus untuk Jalur Mandiri PBM:
  • Selanjutnya seleksi dilakukan berdasarkan prestasi olahraga dan seni yang dicapai oleh siswa yaitu minimal setingkat propinsi dan memperoleh peringkat (juara) I, II, atau III baik  perorangan/individu maupun kelompok/regu/tim, yang dibuktikan oleh adanya sertifikat, piagam, atau medali dari lembaga, badan, institusi yang berwenang dan resmi.
  • Untuk seleksi hafiz Al-quran yaitu harus minimal 10 juz dan pernah mengikuti perlombaan dengan prestasi minimal setingkat kabupaten dan kota yang dibuktikan oleh adanya sertifikat, piagam, atau medali dari lembaga, badan, institusi yang berwenang dan resmi.
  • Cabang olahraga yang diseleksi adalah cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), cabang olahraga yang mempertandingkan mahasiswa secara nasional dalam kejuaraan nasional mahasiswa (KEJURNAS), dan cabang olahraga lainnya yang ditentukan oleh Universitas Riau.
  • Cabang seni yang diseleksi adalahcabang seni yang dipertandingkan pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSEMINAS), cabang seni yang mempertandingkan mahasiswa secara nasional dalam kejuaraan nasional mahasiswa (KEJURNAS), dan cabang seni lainnya yang ditentukan oleh Universitas Riau.
  • Siswa pendaftar terbuka untuk memilih semua program studi yang ada di Universitas Riau, kecuali untuk prodi Ilmu Kedokteran dan Ilmu Keperawatan hanya menerima untuk bidang hafiz Al-quran.
  1. Universitas Riau memiliki kewenangan untuk mempertimbangkan aksesibilitas siswa (kewilayahan untuk siswa yang berasal dari daerah 3T, siswa dari keluarga miskin, dan keterwakilan wilayah dan sekolah) serta menambahkan komponen/parameter seleksi lain sesuai kebutuhan Universitas Riau.
  2. Seleksi dilaksanakan dengan memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  3. Seleksi dilaksanakan secara obyektif, adil, dan akuntabel serta tidak deskriminatif terhadap calon mahasiswa dengan menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan di atas serta kriteria tambahan lainnya yang ditetapkan oleh Universitas Riau.
  4. Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung Universitas Riau jika siswa pendaftar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh Universitas Riau.
  5. Persyaratan Sekolah
    • SMA/MA/SMK (N/S) yang mempunyai NPSN
    • Telah mengisi dan menyerahkan data sekolah dan siswa ke Universitas Riau
  6. Persyaratan Siswa Pendaftar
  • Memiliki NISN dan terdaftar di data sekolah dan siswa
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di data sekolah dan siswa