Pages Navigation Menu

SBMPTN

Seleksi bersama  penerimaan mahasiswa  baru  di  lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan,  baik  bagi   peserta,  PTN,  maupun   bagi  kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama  adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanis melintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017,dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis  SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa disemua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang social dan humaniora (soshum). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajib kan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Tujuan

Tujuan SBMPTN adalah:

  1. menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu;
  2. memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.